Cari Blog Ini

Kamis, 18 Juni 2015

Tidak Akan Merugi


 

Firman Allah Ta'ala :

وَالْعَصْرِ (1) إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (2) إِلَّا الَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ (3)

"Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholih dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran" (QS. Al 'Ashr).

قَدۡ أَفۡلَحَ ٱلۡمُؤۡمِنُونَ


 

"Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman,"(QS al mu'minun : 1)    


 

مَا كُنْتَ تَدْرِي مَا الْكِتَابُ وَلا الإيمَانُ وَلَكِنْ جَعَلْنَاهُ نُورًا نَهْدِي بِهِ مَنْ نَشَاءُ مِنْ عِبَادِنَا

"Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al Quran itu dan tidak pula mengetahui apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al Quran itu cahaya, yang Kami tunjuki dengannya siapa yang Kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami." (Asy Syuura: 52).


 

وَبَشِّرِ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّٰلِحَٰتِ أَنَّ لَهُمۡ جَنَّٰتٖ تَجۡرِي مِن تَحۡتِهَا ٱلۡأَنۡهَٰرَ


 

"Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik." (Al baqarah 25)


 

وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِمَّنْ دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

"Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: "Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri?" (QS. Fushshilat : 33).


 

قُلْ هَذِهِ سَبِيلِي أَدْعُو إِلَى اللَّهِ عَلَى بَصِيرَةٍ أَنَا وَمَنِ اتَّبَعَنِي وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ (١٠٨)

"Katakanlah, "inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik." (Yusuf: 108).


 

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا

"Dan perintahkanlah keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah dalam memerintahkannya." (QS. Thaha: 132)


 


 

قَالَ رَبِّ ٱلسِّجْنُ أَحَبُّ إِلَىَّ مِمَّا يَدْعُونَنِىٓ إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّى كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُن مِّنَ ٱلْجَٰهِلِينَ

"Yusuf berkata: 'Wahai Rabbku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika Engkau tidak hindarkan aku dari tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh'." (QS. Yusuf: 33).


 

فَٱصْبِرْ لِحُكْمِ رَبِّكَ

Maka bersabarlah kamu untuk (melaksanakan) ketetapan Rabbmu." (QS. Al-Insan: 24)


 

فَاصْبِرْ كَمَا صَبَرَ أُولُو الْعَزْمِ مِنَ الرُّسُلِ وَلا تَسْتَعْجِلْ لَهُمْ


 

"Maka bersabarlah engkau (Muhammad) sebagaimana kesabaran para rasul yang memiliki keteguhan hati, dan janganlah engkau meminta agar (adzab) disegerakan untuk mereka." (QS. Al-Ahqaf: 35)


 

Sabda Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلىَ كُلِّ مَسْلَمٍ

"Menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim." (HR. Ibnu Majah nomor 224 dengan sanad shahih).


 

أَنْ تُؤْمِنَ بِاللَّهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ ‏"‏ ‏

(HR Muslim)


 

لاَ تَزُوْلُ قَدَمَا عَبْدٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتىَّ يَسْأَلَ عَنْ عِلْمِهِ مَا فَعَلَ بِهِ

,"Seorang hamba tidak akan beranjak dari tempatnya pada hari kiamat nanti hingga dia ditanya tentang ilmunya, apa saja yang telah ia amalkan dari ilmu tersebut." (HR. Ad Darimi nomor 537 dengan sanad shahih).


 

فَوَاللَّهِ لَأَنْ يُهْدَى بِكَ رَجُلٌ وَاحِدٌ خَيْرٌ لَكَ مِنْ حُمْرِ النَّعَمِ

Demi Allah, sungguh jika Allah memberikan petunjuk kepada seseorang dengan perantara dirimu, itu lebih baik bagimu daripada unta merah" (HR. Bukhari nomor 2783).


 

لَا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لِأَخِيهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ

"Tidak sempurna keimanan salah seorang diantara kalian, hingga ia senang apabila saudaranya memperoleh sesuatu yang juga ia senangi." (HR. Bukhari nomor 13).


 

Perbuatan Sahabat

Dalam Tafsir Ibnu Katsir disebutkan, dahulu ada dua orang sahabat yang setiap kali mereka bertemu mereka tidak akan berpisah sampai mereka membaca surat Al – Asr hingga selesai.


 

Perkataan Ulama


 

لَوْ تَدَبَّرَ النَّاسُ هَذِهِ السُّوْرَةَ لَوَسَعَتْهُمْ

"Seandainya setiap manusia merenungkan surat ini, niscaya hal itu akan mencukupi untuk mereka." [Tafsir Ibnu Katsir 8/499].


 

Syaikh Muhammad bin Sholih Al 'Utsaimin rahimahullah berkata, "Maksud perkataan Imam Syafi'i adalah surat ini telah cukup bagi manusia untuk mendorong mereka agar memegang teguh agama Allah dengan beriman, beramal sholih, berdakwah kepada Allah, dan bersabar atas semua itu. Beliau tidak bermaksud bahwa manusia cukup merenungkan surat ini tanpa mengamalkan seluruh syari'at. Karena seorang yang berakal apabila mendengar atau membaca surat ini, maka ia pasti akan berusaha untuk membebaskan dirinya dari kerugian dengan cara menghiasi diri dengan empat kriteria yang tersebut dalam surat ini, yaitu beriman, beramal shalih, saling menasehati agar menegakkan kebenaran (berdakwah) dan saling menasehati agar bersabar" [Syarh Tsalatsatul Ushul].


 

فَبِالِأَمْرَيْنِ اْلأَوَّلِيْنَ، يُكَمِّلُ اْلإِنْسَانُ نَفْسَهُ، وَبِالْأَمْرَيْنِ اْلأَخِيْرِيْنَ يُكَمِّلُ غَيْرَهُ، وَبِتَكْمِيْلِ اْلأُمُوْرِ اْلأَرْبَعَةِ، يَكُوْنُ اْلإِنْسَانُ قَدْ سَلِمَ تعل مِنَ الْخُسَارِ، وَفَازَ بِالْرِبْحِ [الْعَظِيْمِ]

"Maka dengan dua hal yang pertama (ilmu dan amal), manusia dapat menyempurnakan dirinya sendiri. Sedangkan dengan dua hal yang terakhir (berdakwah dan bersabar), manusia dapat menyempurnakan orang lain. Dan dengan menyempurnakan keempat kriteria tersebut, manusia dapat selamat dari kerugian dan mendapatkan keuntungan yang besar" [Taisiir Karimir Rohmaan hal. 934].


 


 


 

Faidah – Faidah :

  1. Besarnya kandungan surat Al – Asr
  2. Pentingnya mengamalkan surat Al – Asr
  3. Seluruh manusia berada dalam kerugiaan kecuali mereka beriman sebagaimana yang Allah katakan dalam surat Al mu'minun.
  4. Keimanan tidak akan didapat kecuali dengan ilmu, karena Allah berkata dalam surat As ayu' ara bahwa dahulu kita ini tidak mengetahui apa itu al Quran dan iman, kemudian Allah memberi cahaya berupa ilmu sehingga ketika bisa memahami keimanan.
  5. Mereka yang berilmu akan terus berada dalam kerugian kecuali mereka mengamalkan ilmu mereka. Karena orang yang memiliki ilmu pada hari kiamat tidak akan beranjak di hadapan Rabbnya sampai ditanya ilmu apa saja yang telah dia amalkan.
  6. Mereka yang sudah memiliki ilmu harus mendakwahkan ilmu mereka di jalan Allah. Berdakwah di jalan Allah merupakan jalan para nabi dan yang mengikuti mereka. Dakwah merupakan sebaik baik perkataan di sisi Allah. Dakwah di jalan Allah merupakan bentuk cinta kepada mukmin. Cinta kepada mukmin merupakan salah satu bentuk kesempurnaan iman.
  7. Mereka yang sudah berilmu, beriman, beramal, dan berdakwah harus bersabar. Jika keempat ini terpenuhi mereka akan terhindar dari kerugian.
  8. Kesabaran terdiri dari tiga jenis : Pertama : bersabar terhadap ketaatan sebagaimana yang Allah perintahkan dalam surat Thaha ayat 132, kedua : bersabar untuk menghindari kemaksiatan sebagaimana yang dicontohkan nabi yusuf dalam Al qur'an ketika beliau berusha menahan hawa nafsunya karena takut kepada Allah, dan ketiga : bersabar terhadap takdir Allah sebagaiaman yang Allah perintahkan dalam surat Al insan.
  9. Surat Al – Asr menjelaskan prinsip kesuksesan diri sendiri dan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar